Minggu, 26 Januari 2014

Di Mushola itu....



Di minggu pertama saya berhaji menginap di hotel arac bakkah,sekitar 1 kilometer  dari masjidil haram,dan di minggu kedua setelah melaksanakan ibadah wajib haji(wukuf ,towaf,sa’i,dan lempar jumroh) pindah ke hotel grand zamzam yang posisinya tepat di depan masjidil haram,yang ada jam besarnya,jadi kalau mau sholat di masjidil haram dekat sekali,setelah itu sekitar 8 hari saya menginap di kota madinah,kalau di madinah hampir semua hotel jamaah haji dekat dengan masjid nabawi,termasuk jamaah haji reguler,Alhamdulillah.Total perjalanan sekitar 26 hari.

Saya berangkat hari rabu tgl 9 oktober 2013 kurang lebih pukul 5 sore dari jakarta,sampai di jedah hari kamis  jam  2 pagi waktu indonesia,kalau waktu jedah mundur  4 jam,jadi sekitar jam 10 malam, sekitar 7 jam menunggu di ruang imigrasi,ngantuk,lelah menjadi satu,tapi keep smile…ini salah satu sesi yang harus di jalani kata pak ustad dan sudah di beri  wejangan untuk sabar… ,jam 8 pagi(kita ngomongnya waktu arab saja ya)sampai di arac bakkah kota mekah,Alhamdulillah perjalanan jedah- mekah sekitar  2 jam…yuk tidur dulu ya

Karena posisi hotel lumayan jauh dari masjidil haram maka aktifitas sholat wajib lebih banyak di mushola hotel,kata pak ustad persiapkan fisik saja dulu,jangan terlalu capek agar waktu melaksanakan ibadah haji wajib yang akan dilaksanakan dari hari minggu tgl 13 oktober 2013 atau 8 dzulhijjah 1434 H sampai dengan kamis 17 oktober 2013 badannya fit ,kalau memaksakan sholat di masjidil haram terus  takutnya pada saat ibadah inti haji malah sakit,nanti kalau sudah di hotel grand zamzam dipuaskan beribadah di masjidil haram yang pahalanya 100 ribu kali dari masjid biasa.Kalau suami saya rajin ke masjidiil haram walaupun jauh,eman katanya,dan Alhamdulillah fisiknya malah lebih sehat dari saya,siapa dulu dong istrinya hehe

Walaupun hanya mushola tetapi selalu ramai jika sholat wajib,terutama oleh tamu-tamu hotel.untuk sholat duha saya juga lebih senang melaksanakannya  di mushola,lebih tenang dan nyaman.Di waktu duha ini saya sering bertemu jamaah dari turki,rombongan nenek-nenek yang masih cantik,mereka belajar membaca al-qur’an,lucu dan menggemaskan mendengar suara mereka mengucapkan huruf hijaiyah,a-ba-ta,hanya kami yang ada di situ.saya ingin mengobrol dan bergabung dengan mereka tapi bingung harus berkata apa,karena nenek-nenek ini tidak bisa berbahasa inggris jadi saya hanya bersalaman dan mengucap Assalamu’alaikum .Di hari kedua ketika saya mengajak teman untuk sholat duha bersama di mushola,rombongan nenek cantik belum datang,dan ketika mereka datang,mereka senang sekali melihat saya dan saya di ciumi para nenek itu,halus sekali pipi mereka,subhanallah… Teman saya juga ikut di-cium,dan sempat di puji mukenanya  hehe…


Minggu 13 oktober 2013,hari ini kami akan memulai perjalanan inti ibadah haji,semalam sudah saya persiapkan pakaian dan perlengkapan lain untuk menginap selama 4 hari di arofah dan mina,ternyata keberangkatan di tunda selama 2 jam,banyak yang memilih tidur(termasuk suami saya) untuk mempersiapkan fisik,saya tidak bisa tidur,jadi saya memilih untuk membaca al-ma’tsurat di mushola karena tadi sudah sholat duha di kamar.Suasana di mushola sepi,para nenek tidak terlihat mungkin sudah berangkat duluan,hanya saya yang ada di situ,agak takut sebenarnya,tapi saya lawan rasa itu.Di tengah-tengah membaca al-ma’tsurat tiba-tiba saya nangis sesenggukan,mungkin karena suasana sepi,rasa grogi membayangkan bagaimana nanti  arofah,merasa banyak dosa,rasa bersyukur bisa sampai mekah,ingat ortu(terutama bapak yang sudah meninggal)dan waktuitu saya merasakan Allah sangat dekat dan malaikat ada di sekitar saya(lebay ya),tapi begitulah yang saya rasakan,mungkin itu yang dikatakan zero mind oleh pak ary ginanjar.Rasa yang sangat indah dan akan selalu saya rindukan.

Tidak ada komentar: