Rabu, 18 Juni 2008

Bermain kartu sambil belajar


Minggu ini Ayu ujian akhir semester,seperti ujian-ujian sebelumnya saya sering heboh untuk ngajak Ayu belajar.Sebenarnya Ayu tidak susah diajak belajar,tetapi masalahnya Ayu sering cepat bosan dan banyak nego-nya.Seperti waktu hafalan bahasa arab,tiap dia bisa jawab satu pertanyaan minta 500 rupiah…

Sebelum waktu ujian saya mengajak ayu untuk bermain kartu sambil belajar,ternyata itu mempermudah Ayu untuk menghafal pelajaran.Permainan kartu-nya terinspirasi ketika dulu saya sering bermain kartu dengan sepupu saya,namanya kucing-kucingan, agak saya rubah sedikit cara mainnya,karena mau belajar Bahasa Inggris,Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia maka saya buat kartu 3 versi,bermainnya gantian tergantung mood-nya sedang ingin belajar apa.Caranya begini:

• Buat kartu jumlah bebas tapi berpasangan,misal untuk versi bahasa inggris:tulis disatu kartu kata”Fence”,berpasangan dengan kartu lain yang ditulisi kata “Pagar”,buat sebanyak kosa kata yang ingin dipelajari dan terakhir buat di salah satu kartu yang tidak berpasangan gambar kucing.(bisa juga gambar lain)
• Kocok semua kartu versi bahasa Inggris(jika ingin belajar inggris)
• Bagikan ke semua pemain sampai habis kartunya
• Jika mendapat kata yang berpasangan misal:Ratu dengan Queen,sisihkan (tidak diikutkan dalam permainan)
• Kartu yang tidak ada pasangan di pegang,sambil bergantian dan berurutan tiap pemain saling mengambil kartu hingga kartu habis,yang terakhir mendapatkan kucing dia yang kalah dan boleh dihukum dengan dicoret mukanya menggunakan bedak.

Permainannya seru karena pake acara coret-coret muka,adiknya Ayu walaupun tidak jadi pemain tapi heboh ikut melukis muka he…he…

Tidak ada komentar: