Kamis, 04 September 2008

PUASA

Sudah hampir 4 hari kita umat islam menjalankan ibadah puasa.Alhamdulillah akhir-akhir ini cuaca sering mendung,jadi merupakan berkah,karena rasa haus tidak terlalu terasa dibandingkan jika cuaca terik.

Saya sudah lupa kapan pertama kali saya bisa menjalankan puasa 1 bulan penuh,dan apa motivasinya sehingga mau menjalankan ibadah puasa juga tidak ingat lagi.Sekarang sebagai orang tua saya berusaha bagaimana memotivasi anak saya agar mau berpuasa.

Tahun kemarin ayu sudah bisa puasa kalau tidak salah 3 hari-an,tahun ini berharapnya ayu bisa 1 bulan penuh (egois banget ya saya).Saya sempat sharing dengan orangtua yang anaknya sukses berpuasa,macam-macam pendapatnya,ada yang bilang slowly but sure aja,jangan dipaksa sampai anak pengen puasa sendiri sambil diberi pengertian,pendapat lain kasih motivasi hadiah dan agak maksa karena sebenarnya mereka sudah kuat kok,masalah kesadaran akan puasanya nanti sambil jalan.Akhirnya saya memilih pendapat ke-dua yaitu dengan hadiah dan agak sedikit memaksa he…he…maklum saya bukan tipikal orang yang sabaran

Tiga hari pertama masih rewel si ayu,bahkan saya sempat tidak bisa menahan marah di awalnya,padahal katanya kalau kita marah ketika puasa di halalkan oleh Allah makanan dan minuman,artinya percuma loe puasa…,sempat nyesel kenapa harus marah,gimana tidak marah,ayu nangis katanya sakit perut eh disuruh buka gak mau,katanya nanti tidak dapat hadiah,lha…di suruh buka gak mau ,lanjutin puasa nangis…duh pusing.Akhirnya saya gendong dia,padahal beratnya 28 kg,ternyata dia agak tenang.Alhamdulillah bisa sampai magrib gak makan,tapi minum saya kasih 1 gelas karena kebetulan sedang batuk,jadi gak tahan denger ayu batuk.

Untung 3 hari pertama sekolah libur,jadi agak mudah penyesuaiannya,dan yang pasti dia lupa lapar dan haus kalau sedang main dengan temannnya.Ini hari keempat ayu puasa,hebat dari hari kedua sudah penuh puasanya termasuk tidak minum,tapi saya agak nervous karena ini hari pertama sekolah di bulan ramadhan,pasti bakalan rewel,ternyata dugaan saya salah,tidak ada teriak-teriak karena lapar dan haus walaupun tanpa main ke rumah teman, hanya sempat minta gendong sebentar sambil berbisik,”Bu sebenarnya perut Ayu sakit”.Dan saya bilang”Makanya ibu gendong biar sembuh ya”.Subhanallah ternyata bisa puasa juga akhirnya anak saya,semoga bisa lulus sampai akhir ramadhan.Amien….

Tidak ada komentar: